10 Tips Berkendara Aman

Sebagai kelanjutan dari artikel saya yang sebelumnya, tentang sebuah “keteledoran” disebuah hari. Maka dengan “bijak” saya akan mencoba membuat sebuah artikel yang membahas tentang keselamatan di jalan yang seringkali kita abaikan. Beberapa tips yang saya berikan merupakan saduran dari hal-hal yang saya alami sepanjang saya berkendara, semoga bermanfaat .

1. Periksa Keadaan Mesin dan Keadaan Kendaraan Anda
Ini merupakan hal yang krusial dalam mengawali perjalanan anda, baik-buruknya kondisi kendaraan akan mempengaruhi proses berkendara anda. Hal paling pertama yang perlu dicek adalah ketersediaan bensin, apakah cukup untuk melakukan perjalanan ke tempat tujuan. Kemudian cek- hal-hal kecil seperti spion, tutup pentil, dll. Lalu periksa keadaan mesin anda, busi, rem, rantai, dll. Jangan sampai gangguan mesin menjadi penyebab terjadinya kecelakaan nanti.

2. Pakai Perlengkapan Berkendara
Kali ini kita diharapkan untuk melindungi diri kita sendiri setelah kita “melindungi” kendaraan kita. Perlengkapan yang kita pakai tidak harus yang bagus, tapi yang terpenting dari yang kita pakai adalah yang dapat melindungi kita dari bahaya perjalanan. Yang utama harus dipakai mungkin kita semua sudah tahu, yaitu helm (yang berkaca ya…) , lalu sarung tangan, masker, body protector, Jaket, sepatu, dll. Perlengkapan ini tidak hanya berfungsi sebagai hiasan, tapi juga untuk keselamatan diri.

3. Pastikan Lagi Tujuan Anda
Keteledoran yang satu ini adalah keteledoran yang sering terlupakan. Karena setelah 2 poin diatas, biasanya kita langsung melenggang ke tempat tujuan sebelum tahu alamat jelasnya (terlebih lagi bagi yang baru tahu daerah tujuan). Akibatnya waktu perjalanan kita terbuang, yang seharusnya bisa dipergunakan untuk mengerjakan hal lain, jadi hanya habis di persoalan tersebut. Terkadang kita hanya mengandalkan perkataan seseorang tentang tempat tujuan tanpa melihat peta, mulai kali ini pastikan dengan peta.

4. Fokus Pada Arah Jalan
Memang perjalanan jauh dapat membuat kita bosan, sehingga membuat kita mencari hal-hal yang menarik diperjalanan. Seperti iklan-iklan di tepi jalan, reklame yang menarik, kendaraan-kendaraan yang bagus, bahkan orang kecelakaan bisa menarik perhatian kita. Hal seperti itulah yang membuat konsentrasi kita beralih dari jalanan yang kita lewati, sehingga seringkali motor/mobil kita menerobos melewati sebuah lubang besar, melanggar partisi jalan, menabrak, dan lain-lain. Semua itu bisa membahayakan perjalanan kita dan juga keselamatan orang lain.

5. Perhatikan Rambu-Rambu Jalanan
Yang satu ini jangan dilanggar lho, karena akibat yang akan diterima bisa fatal yaitu terkena tilang oleh Polisi yang sedang bertugas. Sekarang jangan coba-coba untuk “damai” dengan petugas, karena berita yang saya dengar terakhir ini bahwa pengendara yang mencoba untuk “damai” dengan petugas bisa dilaporkan oleh polisi tersebut, dan polisi tersebut mendapat hadiah sekitar 10 juta rupiah. Maka dari itu cobalah untuk lebih menaati peraturan.(baca disini)

6. Jangan Teradu Domba Dengan Kendaraan Lain
Biasanya ini menjangkit orang-orang yang sudah lama berkecimpung di dunia otomotif, terutama yang “rajin” balap liar. Saat kita dijalan, seringkali sengaja atau tidak sengaja pengendara motor di sebelah kita ngegeber motornya dan itu kadang membuat kita terpacu untuk meladeninya di jalan. Dan akhirnya kita dan orang tersebut terasa seperti berada di arena balapan tanpa menghiraukan orang-orang sekitar. Inilah yang berbahaya, cobalah untuk menghiraukan orang-orang seperti itu dan nikmati perjalanan Anda.

7. Hindari “sotoy” Tentang Lampu Lalu Lintas
Apa yang dimaksud “sotoy” diatas? ya memang seperti arti “sotoy” itu sendiri, yaitu “sok tahu”. Nah, sok tahu dalam hal ini adalah menebak-nebak saat lampu hijau giliran kita. Saya sering melihat pengendara motor yang sudah menarik gasnya sebelum lampu lalu lintas menyala benar-benar hijau, dan memang kadang betul-kadang salah, jikalau saatnya betul beruntunglah, bagaimana jika salah? Anda akan mendapat “sosoran langsung” dari pengendara mobil/motor dari arah lain jalan anda.

8. Berusahalah Untuk Mudah Terlihat
Pakailah perlengkapan yang gampang terlihat, lebih baik lagi bila bisa merefleksikan cahaya (flourescent). Begitu juga dengan warna dari bagian-bagian motor ini akan membantu anda untuk gampang terlihat oleh pengguna jalan lain.(sumber dr sini)

9. Berkendaralah Dengan Kendaraan Sendiri
Alasannya untuk ini sih simple, intinya kalau ada “apa-apa” kita tidak akan khawatir untuk bertanggung jawab kepada siempunya motor/mobil. Kalau memang harus mengganti karena kerusakan (entah kecelakaan kecil atau memang ada yang harus diganti) toh itu akan dilakukan dengan ikhlas karena memang motor pribadi.

10. Berdoalah Untuk Keselamatanmu
Sebenarnya ini adalah hal klasik yang biasanya dilakukan orang untuk menasehati orang berkendara, atau melakukannya untuk diri sendiri. Tapi hanya sekedar mengingatkan sekali lagi betapa pentingnya doa dari seorang hamba kepada Rabbnya untuk keselamatan dirinya. Dan maksud diri menaruh point ini diurutan terakhir bukan berarti ini hal yang tidak penting, malah karena sangat penting saya taruh di paling bawah. Bukankah kata orang Save the best for the last?

Best Regards,
sangterasing

6 thoughts on “10 Tips Berkendara Aman

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s