The Unlimited Me

Mengetahui batas kemampuan diri sudah merupakan hal yang wajib bagi manusia dalam rangka mengenali diri mereka sendiri, yang apabila dijabarkan menjadi beberapa aspek yaitu raga (fisik) dan jiwa (ruh). Batas diri tersebut merupakan akumulasi dari tahapan-tahapan yang dialami diri manusia, baik pengalaman buruk ataupun pengalaman baik. Dan tiap melewati tahapan tersebut, seorang manusia belajar untuk memperbaiki atau belajar untuk mengembangkan.

Berarti dalam diri manusia atau diri kita masih ada yang berevolusi sampai sekarang ini. Yaitu evolusi kemampuan, evolusi skill yang berada dalam diri setiap manusia. Kenapa disebut evolusi? karena perubahannya bertahap, walau tidak selama evolusi hewan dan makhluk hidup lainnya. Namun ternyata semua bisa berubah seiring waktu dan kemauan, kemauan untuk mengembangkan potensi diri.

Akhir-akhir ini saya membaca sebuah buku entrepreneurship yang dipinjamkan teman saya. Disana terdapat cerita tentang seseorang pengusaha yang memulai usaha hanya dari berdagang kecil, namun berkat ketekunan dan kerja kerasnya ia pun menjadi salah satu pengusaha terbesar di Indonesia. Siapa itu? tidak lain dan tidak bukan adalah Bob Sadino dengan usaha Kemchiknya. Ya, ia adalah salah satu orang yang meng-evolusi-kan kemampuannya, skill berdagangnya. Dengan kata lain ia berhasil karena berhasil pula mengevolusi potensinya. Bob Sadino baru salah seorang yang berhasil sukses atas kerja keras dan ketekunannya, tentunya dengan izin Allah swt pula. Diluar sana masih ada Bill Gates, Singer, dll.

Menyadari keterbatasan bukan berarti untuk mengetahui dimana kita harus berhenti untuk berusaha, melainkan untuk mengetahui apa saja yang belum kita miliki, kemampuan seperti apa sehingga dapat membuat diri kita berkembang dari diri yang sebelumnya. Alangkah salahnya seseorang yang dapat menjahit, namun tidak berusaha belajar untuk menjadi penjahit sekaligus designernya. Atau seorang penyanyi yang tidak mau belajar untuk mengarang dan meng-arrange musiknya. Semua hal tersebut bisa dilakukan asal sebuah kemauan yang kuat dibarengi dengan kerja nyata.

 

“Menyadari keterbatasan bukan berarti untuk mengetahui dimana kita harus berhenti untuk berusaha, melainkan untuk mengetahui apa saja yang belum kita miliki…”

 

            Sehingga terus olah potensi yang ada didalam tubuhmu menjadi karya nyata dan berguna bagi orang sekitar kita, terutama bagi diri sendiri. Karena apa yang kita lakukan seumur hidup, akan sangat disayangkan jika tidak berguna bagi diri kita saat tua nanti. Dirimu bukanlah sejumlah pulsa dari salah satu operator, yang apabila habis harus diisi ulang. Dirimu itu “unlimited”, tidak terbatas, beribu potensi tertanam, yang perlu dicari adalah sekop atau cangkul yang tepat serta waktu untuk menemukan potensimu. Lalu jadilah…

 

The Unlimited Me!

best regards,

sangterasing

image source: 1, 2, 3

4 thoughts on “The Unlimited Me

  1. mantap, Bro! Tak hanya unlimited, setiap kita itu unik.. Nah, gunakanlah keunikan itu utk menjadi Unlimited, sempurna2 unlimited

    Oya, saya agak kurang sreg dengan perbandingan utk evolusi hewan. Karena, kita semua tau kan? Gimana kedudukan Teori Evolusi itu di mata sains dan agama.

    Like

    1. Yap benar sekali, gunakan segala yang ada pada diri kita, yang dikaruniaiNya untuk mencapai ke-“unlimited”-an itu.

      Untuk evolusi hewan, saya tidak menyinggung tentang evolusi manusia lho.. diatas disebutkan “..walau tidak selama evolusi hewan dan makhluk hidup lainnya..”, hewan dan mahluk hidup yang saya maksud, adalah hewan, tumbuhan, mahluk sel satu, dll.

      Untuk teori evolusi memang saya gak setuju.. oh ya, trims udah mampir..

      Like

  2. Setuju mas, suka kutipan ini “Menyadari keterbatasan bukan berarti untuk mengetahui dimana kita harus berhenti untuk berusaha, melainkan untuk mengetahui apa saja yang belum kita miliki”

    eh mas .. hmm .. hapus link saya yah, soalnya saya juga udah ngehapus semua link yg ada di blog saya ..
    udah jarang update soalnya semenjak kuliah di UI, sibuk gimana gituuuuu hehe😀

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s