Hari Itu Aku Wisuda

Alhamdulillah… waktu 3 tahun aku menimba ilmu di Politeknik Negeri Jakarta telah terselesaikan dengan baik. Segala kenangan yang telah kulewati bersama kawan-kawan mahasiswa/i takkan terlupa dari sanubari, telah terpatri kuat dan mendapat ruang tersendiri di memori di kepalaku.

Pada hari Sabtu 8 Oktober 2011 telah dilaksanakan wisuda Politeknik Negeri Jakarta yang ke-27, Politeknik Negeri Jakarta mewisuda sekitar 1000 mahasiswa/i-nya. Dari sekitar 1000 mahasiswa/i yang lulus, terdapat lebih dari sepuluh mahasiswa dan mahasiswi yang lulus dengan predikat IPK cumlaude. Bahkan predikat IPK tertinggi dari mahasiswa/i yang lulus mencapai nilai 3,93 dan diraih oleh seorang mahasiswi dari jurusan Akutansi. Bertempat di Balairung Universitas Indonesia, acara berlangsung dengan khidmat selama 4 jam dari pukul 8.30 hingga 12.00. Acara dimulai dengan pemanggilan wisudawan/wati untuk memasuki ruangan Balairung UI, dengan urutan sesuai jurusan wisudawan/wati menempati tempat duduknya masing-masing. Lalu diikuti dengan masuknya Direktur Politeknik Negeri Jakarta beserta anggota senat dosen Politeknik Negeri Jakarta. Sidang wisuda pun dibuka dengan mengucap Bismillahirrahmanirrahiim oleh Direktur Politeknik Negeri Jakarta.

Acara diisi dengan sambutan dari Bapak Direktur, nyanyian lagu kebangsaan, video tentang Politeknik Negeri Jakarta, dan pemanggilan mahasiswa/i dengan predikat sangat memuaskan dan cumlaude dari masing-masing jurusan. Dipenghujung acara, mahasiswi peraih predikat IPK terbaik dari angkatan 2008 memberikan kesan terhadap Politeknik Negeri Jakarta dan pesan kepada adik-adik kelas 2009 hingga 2011. Dengan penuh haru beliau menyampaikan rasa terima kasihnya kepada orang tua dan teman-teman seperjuangan Politeknik Negeri Jakarta. Setelah kesan dan pesan disampaikan, suasana haru ditutup oleh persembahan dari seorang wisudawan. Sebuah nyanyian dari Josh Groban yaitu You Rise Me Up, dipersembahkan kepada seluruh wisudawan/wati dan masyarakat Politeknik Negeri Jakarta serta Orang Tua Mahasiswa.

Acara sidang wisuda ke-27 Politeknik Negeri Jakarta ditutup dengan membaca Alhamdulillahirabbalalamiin oleh Bapak Direktur Politeknik, diikuti dengan seluruh wisudawan/wati. Lalu Bapak Direktur beserta jajaran Senat Dosen PNJ meninggalkan ruangan. Selesainya sidang wisuda disambut dengan gembira oleh para wisudawan/wati, pelemparan topi wisuda ke udara pun mengiringi kemeriahan wisuda Politeknik Negeri Jakarta angkatan ke-27. Setelah acara formal, para wisudawan menghabiskan waktu siang dengan berfoto dengan keluarga di sekitar balairung atau danau UI. Penyedia jasa foto-cetak pun kebagian rezeki, ada yang resmi dari kampus adapula yang perorangan.

Hari itu semua berbahagia, air mata yang menetes juga merupakan air mata bahagia. Orang tua menitikkan air mata melihat anaknya berhasil menyelesaikan studi D3 selama 3 tahun terlepas si anak akan melanjutkan ekstensi atau tidak, sang anak pun menitikkan air mata karena telah melewati patih-getir perjuangan selama 3 tahun. Pengalaman yang menyenangkan maupun yang menjengkelkan terangkum dalam suasana haru, dibalut kebersamaan sesama mahasiswa.

Memori-memori yang takkan pernah lekang dimakan waktu, walau mungkin saja bakal ada memori-memori baru yang menunggu tuk hadir, tapi tetap perjalanan selama 3 tahun memiliki tempatnya sendiri. Semoga apa-apa yang telah didapat dan dialami dapat diamalkan setelah lulus dari sini, berkontribusi lebih kepada dunia yang akan dihadapi. Jika dahulu kita menggoreskan tinta emas di kampus ini, maka saatnya mengisi lagi relung pena dengan tinta-tinta emas baru untuk digoreskan kembali dikemudian hari.

 

“Semuanya memiliki awal, dan semua memiliki akhir pula… hanya kata terima kasih yang dapat dipersembahkan dan tertutur do’a untuk kawan seperjuangan”

 

best regards,

sangterasing

18 thoughts on “Hari Itu Aku Wisuda

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s