Refleksi Akhir Tahun…

Mencoba untuk memaksimalkan potensi dengan menulis…

Tahun 2011 sudah hampir melewati kita, terhitung hanya beberapa hari lagi. Apa saja kira-kira yang telah terjadi setahun ini? Terlepas itu public event atau private event, ada baiknya coba kita bahas kembali seraya mengevaluasi bersama.

Sebenarnya kata-kata “Refleksi Akhir Tahun” baru beberapa lama ini saya ketahui, mungkin bisa dikatakan baru dua tahun terakhir saya mempelajari kata tersebut (lama ya😛 .red). Kejadiannya yaitu ketika saya ikut Aksi bersama mahasiswa Politeknik Negeri Jakarta pada bulan Desember tahun 2009, memang bertepatan dengan akhir tahun maka dari itu Aksi tersebut dinamakan “Refleksi Akhir Tahun”.

Menurut yang saya ketahui “Refleksi Akhir Tahun” merupakan sebuah evaluasi dari beberapa kejadian/ event yang telah terjadi pada tahun yang telah dilewati, sehingga point-point yang kurang dan perlu diperbaiki bisa dimaksimalkan serta dibenahi pada tahun berikutnya.

Maka dari itu saya akan ajak kalian untuk mengevaluasi kejadian-kejadian yang terjadi di 2011 ini.

1. Tahun yang Buruk Bagi Para Diktator

Pergolakan politik di Timur Tengah membuat perubahan besar bagi negara-negara yang berada disekitarnya. Korupsi, ketidak-adilan, hidup mewah para pemimpin dikala rakyatnya merana sudah menjadi alasan kuat bagi rakyat untuk melawan balik pemimpin yang Diktator.

Dimulai dengan turunnya Presiden Husni Mubarak akibat pendudukan Tahrir Square oleh masyarakat Mesir selama 18 hari, yang menuntut turunnya presiden Husni Mubarak dari jabatannya dan sekurang-kurangnya memakan korban puluhan orang. Tragedi itu tidak lepas dari baku hantam antara pro dan anti Mubarak.

Lalu diikuti dengan negara Libya yang kehilangan pemimpin negaranya, atu mungkin lebih tepat dihilangkan. Yaitu Muammar Khadafi yang telah menjadi diktator selama 42 tahun, menelantarkan masyarakatnya, kemiskinan merajalela, perang antar warga pun dibiarkannya, sedang dia dan keluarganya menjalani hidup yang serba mewah. Sepertinya kebiasaannya itu juga diturunkan kepada anaknya, kediktatoran pun diturunkannya pula, maka pada tanggal 20 Oktober lalu Muammar Khadafi ditembak oleh pasukan revolusi dibantu pasukan NATO, dengan sebelumnya terlebih dulu diculik. Dan nasib tersebut juga dialami anaknya yang ditawan serta disiksa sebelum akhirnya meninggal dunia.

2. Diterimanya Negara Palestina di UNESCO

Berita yang sangat baik bagi saudara kita dibelahan bumi timur sana, berkat perjuangan yang tak ada hentinya oleh Presiden Mahmoud Abbas menggalang dukungan, akhirnya pada tanggal 13 Desember 2011 bendera Palestina berkibar gagah di markas besar badan kebudayaan PBB (UNESCO) tersebut. Suara sorak sorai bergema mengiringi pengibaran bendera berwarna merah, hitam, putih dan hijau dalam upacara yang dilaksanakan dalam suasana hujan. “Ini benar-benar momen bersejarah,” ucap Presiden Palestina Mahmoud Abbas pada upacara itu, pidatonya mendapat sambutan tepuk tangan meriah. (analisadaily.com)

Menurut kantor berita Reuters, Palestina mendapat dukungan 2/3 dari para perwakilan negara-negara anggota yang hadir dalam sesi pemungutan suara di Paris, 31 Oktober 2011. Dari 173 delegasi yang hadir dalam pertemuan, 107 anggota mendukung, 14 menolak, 52 abstain, dan 12 lainnya tidak mengikuti pemungutan suara. (fokus.vivanews.com)

Walau keputusan ini jelas mendapat kecaman dari AS dan antek-anteknya, serta UNESCO pun harus kena getahnya akibat keputusan ini yaitu AS mengancam menghentikan bantuan dananya senilai 80 juta dollar US, yang setara dengan 20 % anggaran belanja badan tersebut. (analisadaily.com)

3. Kepergian Steve Jobs

Kejadian yang satu ini merupakan pukulan yang cukup terasa bagi para pecinta gadget. Seorang pemikir sekaligus pahlawan dalam bidang teknologi ini tutup usia pada tanggal 5 Oktober lalu di Palo Alto California, Amerika Serikat. Dunia seperti merasa kehilangan seorang sosok teknologi di masa itu. Steve Jobs merupakan seorang pendiri sekaligus pemilik perusahaan Apple .Inc, perusahaan yang dibangun bersama temannya di sebuah bengkel rumahnya.

Semasa kecil, ia hidup bersama orang tua asuhnya. Ia diadopsi oleh sepasang suami-istri yang bernama Paul dan Clara Jobs dari Mountain View. Jobs bersekolah di Cupertino Junior High School dan Homestead High School di Cupertino, California, dan sering menghadiri kuliah setelah sekolah di Hewlett-Packard Company di Palo Alto.

Selama karirnya ia telah menemukan berbagai produk, beberapa diantara adalah Apple Lisa, NeXT Computer, iPhone, iPad, dll. Juga beberapa karyanya dibawah Pixar yaitu A Bug’s Life (1998), Toy Story 2 (1999), Monsters, Inc. (2001), Finding Nemo (2003), The Incredibles (2004), Cars (2006), Ratatouille (2007), WALL-E (2008), Up (2009) dan Toy Story 3 (2010). Finding Nemo, The Incredibles, Ratatouille, WALL-E, Up dan Toy Story 3 masing-masing menerima Academy Award for Best Animated Feature, sebuah penghargaan yang diperkenalkan tahun 2001.

Sepeninggalnya, ribuan orang dan lembaga menyatakan bela sungkawanya kepada beliau lewat momearium di berbagai tempat.

4. Nazarudin

Ini dia bintang utama tahun 2011 di Indonesia. Kasus yang simpang siur serta menyeret nama-nama penting di negeri ini, membuat kasus ini sukar untuk diselesaikan dengan lancar. Selalu ada halangan dan terkesan mengulur-ulur waktu, hingga kejar-kejaran hingga ke luar negeri dengan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

Background sebagai Bendahara Umum di salah satu partai di Indonesia menjadikan beliau mengetahui aliran dana dari sana-sini, maka dari itu jadilah ia kunci utama dari kasus korupsi Wisma Atlit ini.

Namun untuk masalah ini saya tidak akan berbicara panjang lebar, karena kalian pasti sudah banyak mengetahui lewat televisi dan surat kabar yang lainnya.

5. Perbedaan 1 Syawal

Sudah beberapa kali perbedaan ini terjadi, namun rasa-rasanya ditahun inilah yang paling terlihat dan banyak dipermasalahkan. Entah mengapa momentum ini menjadi sebuah sorotan tersendiri bagi masyarakat muslim pada khususnya dan masyarakat Indonesia pada umumnya.

Menurut saya, kegaduhan ini bisa saja terjadi karena penentuan Lebaran tersebut dilakukan sangat mepet dengan 1 Syawal yang telah dicetak di ribuan kalender di Indonesia, sehingga banyak sekali candaan tentang hal ini. Seperti, “Selamat, akhirnya kali ini kalender salah” atau, “Selamat Merayakan Idul Fitri yang hangat, opor dihangatkan, ketupat dihangatkan, sayur dihangatkan.” dan puluhan joke-joke kecil lainnya.

Namun adanya joke tersebut bukanlah berarti terdapat perpecahan antar sesama, hal-hal tersebut merupakan kritik ringan bagi pemerintah Indonesia agar kedepannya bisa dengan cepat mengambil keputusan bagi kemaslahatan masyarakat Indonesia.

6. 2012

Angka yang akhir-akhir ini masih menjadi misteri, sampai-sampai dibuat sebuah film yang meraup keuntungan dari isu tersebut. Film yang kita bicarakan adalah film Holywood yang berjudul “2012”. Dari mulai masuk ke Indonesia, film ini sudah bisa menyita ribuan penonton, bahkan setelah beberapa minggu tayang di bioskop Indonesia masih ada saja yang mencarinya.

Film ini berkaitan dengan yang katanya “ramalan” dari Suku Maya tentang terjadinya kiamat pada tahun 2012, entah kiamat kecil atau bagaimana, kebanyakan orang berpendapat mungkin akan terjadi hal yang besar pada tanggal 21 Desember 2012. Banyak kontroversi atas adanya isu ini, berbagai diskusi sampai-sampai diadakan. Namun anehnya, dari Suku Maya sendiri menyangkal adanya “ramalan” ini dari suku mereka (baca disini).

Apa yang terjadi? Apakah ini hanya merupakan konspirasi yang dibuat-buat pihak yang berkepentingan? Wallahu’alam..

Sebenarnya banyak sekali hal-hal yang terjadi di tahun 2011 lalu, namun diantara kejadian tersebut 6 poin diatas yang paling menjadi perhatian. Intinya adalah sebuah kejadian harus dapat menjadi pembelajaran kedepannya, menjadikan kesalahan sebagai evaluasi bagi diri agar menjadi lebih lebih baik.

best regards,

sangterasing

image source: 1, 2, 3, 4, 5, 6

source: a, b, c, d, e

7 thoughts on “Refleksi Akhir Tahun…

  1. Cukup bagus,tp menurut saya akan lbh mengundang tnya n tanggapan serta sbuah diskusi singkat,jika anda menuliskan lbh byk pandangan anda thdp prstiwa2 tsb.

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s