Alhamdulillah kita telah berada di bulan penuh berkah, yaitu bulan Ramadhan. Bulan yang Rasulullah telah tunggu dari 6 bulan sebelumnya, dan beliau persiapkan 2 bulan sebelumnya. Bulan Agung dimana syaitan dibelenggu, dan pintu surga dibukakan selebar-lebarnya.

Momen yang indah ini ternyata memang ditunggu-tunggu masyarakat, namun pertanyaannya apa yang ditunggu-tunggu. Ironi jika melihat bertebarannya promo dimana-mana, diskon dimana-mana, bredel-an iklan produk makanan malah menjadi-jadi ditambah acara humor yang makin lama makin ‘mengeraskan’ hati.

Namun tunggu dulu, tidak semuanya senegatif itu lho. Ternyata banyak juga yang menerapkan GAYA HIDUP SOLEH. Anak-anak muda, mahasiswa dan mahasiswi hingga bapak-bapak dan ibu-ibu berbondong-bondong mengikuti kajian-kajian rutin yang diadakan di masjid-masjid.

Belum lagi anak-anak Band yang mulai menunjukkan eksistensinya dalam memegang teguh ajaran Islam, seperti Noor Al Kautsar atau dikenal sebagai @ALakaUCAY (vokalis band Rocket Rockers), Indra Permana Oki dikenal sebagai @Okitronic (personil band techno RebelPop), Mutt dari GoodBoyBadminton, atau artis ternama seperti Fauzi Baadilla dan Arie Untung. Mereka semua bergabung dalam komunitas #IndonesiaTanpaJIL yang digawangi oleh Kang Akmal Sjafril penulis buku Liberal 101.

Yak, tepat sekali. GAYA HIDUP SOLEH sudah mulai digandrungi anak-anak muda sekarang ini, berawal dengan kemuakan atas kebiasaan masyarakat yang konsumtif (baca ini), terlihat dari berita “Rebutan BlackBerry promo di Pasific Place Jakarta” yang menjadi headline news diberbagai belahan dunia. Atau keterlaluannya media dalam mempromosikan pesan-pesan amoral yang kental dalam sinetron anak muda, bullying, penindasan, dll. Bahkan tidak jarang “pamer paha” di berbagai tayangan menjadi pemanis palsu yang merendahkan martabat perempuan.

Makin banyak anak-anak muda yang tantang-tenteng mushaf (Al-Qur’an kecil) kemana-mana, supaya kalo lagi bengong dimana gitu.. daripada kelaperan atau mikir yang nggak-nggak (kepala geleng-geleng, *nggak-nggak) mending buka deh itu mushaf terus dibaca. Kalau segan baca keras-keras, minimal baca artinya dan insya Allah bermanfaat.

GAYA HIDUP SOLEH ini juga makin menjamur dikalangan artis papan atas, apalagi di bulan Ramadhan ini. Mendadak Jilbab pun nge-trend, nah mudah-mudahan kalau sudah merasakan nikmatnya berjilbab bisa istiqomah. Nah seharusnya anak-anak muda yang sudah lama berkecimpung di ranah dakwah Islam sekolah maupun kampus lebih bersemangat lagi dalam mempromosikan Islam. Jangan sampai muncul komentar-komentar sinis terhadap mereka-mereka yang baru belajar, atau artis-artis yang tiba-tiba berjilbab.

“Ah, si artis itu kan berjilbab cuman buat maen ntu sinetron..”

“Waduh, itu jenggot berlebihan deh.. kayaknya gak perlu segitunya..”

Sayang sekali dakwah Rasulullah yang seyogyanya dilakukan dengan hati ikhlas, dan lemah lembut menjadi cacian dan gunjingan tanpa menghasilkan kerja atau amalan.

Masih ingat kisah Rasulullah dengan Arab Badui? cek disini.

Begitulah seharusnya Islam ditampakkan, karena Islam itu Rahmatan lil ‘alamin. Dakwah itu menyebar kebaikan, masa’ sih menyebar kebaikan dengan keburukan.🙂

“GAYA HIDUP SOLEH”

One thought on “GAYA HIDUP SOLEH

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s