Assalam.. malam tuips, malam ini coba sharing tentang adab dalam ber-twitter ria.

Kita tau twitter menjadi social media yang menyejarah setelah facebook. Facebook perlu melakukan berkali-kali perubahan untuk menyaingi twitter dalam user friendly. Sedangkan twitter tetap menjadi social media yg ‘cool’ menurut anak muda sekarang dengan format yang sama seperti awal. Namun setiap produk pasti ada kelemahan, twitter mempunyai kelemahan pada 140 karakternya.

Walau beberapa orang menganggapnya sebagai kelebihan, 140 karakter yg disediakan twitter kadang membuat para penggunanya menyalah artikan twit sesamanya. Dari menyalah artikan, bisa berujung dengan keributan di dunia twitter (twitwar).

Fitur “RT” juga bisa dijadikan ajang fitnah, karena dapat diedit. Maka lebih baik menggunakan ‘reply. Atau jika tetap ingin menggunakan fitur ‘RT’, copy seluruh pesan final lalu tetap gunakan ‘reply’ agar ‘conversation’ dapat dilihat oleh para pembaca.

Pikirlah dahulu sebelum membuat twit, kebiasaan nomention dapat berbahaya jika ada follower yang merasa.

Sensitivitas di twitter bisa dibawa ke dunia nyata, salah satu contoh ialah twitwar antara Kevin Aprilio dengan Marrisa Haque. Kasusnya bahkan berujung pada pasal pencemaran nama baik.

Twitwar yang baik ialah yg bertujuan untuk diskusi, mencari kebenaran. Peserta twitwar harus ‘open minded’, jika ada yg tidak.. bisa berujung ‘block’. Kebiasaan ‘block’ mengurangi keterbukaan kita akan pendapat org lain. Kecuali bagi yang melakukan penghinaan, nyinyir, dan sejenisnya patut di ‘block’.

Adab ngetwit memang sesuai kebutuhan, jika akun politik agak keras, akun islami sebaiknya lemah-lembut. Akun pribadi? Cari positioning kalian, usahakan agar twitnya bermanfaat.

Dan terakhir, jangan sibuk ngetwit aja ya.. buat schedule. Orang kanan-kirimu butuh perhatianmu juga lho🙂

best regards,

sangterasing

image source:

– http://www.grmdaily.com/news/wp-content/uploads/2013/03/twitter-bird.jpg

– http://cdn.comluv.com/wp-content/uploads/2012/12/twitter.jpg

3 thoughts on “Adab menggunakan social media ‘twitter’ | Silahkan simak dan share :)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s