Assalamu’alaikum wr wb. Alhamdulillah kita telah memasuki tahun baru Hijriyah, 1 Muharram 1435. Mari muhasabah diri setahun kemarin, lalu komitmen untuk setahun kedepan🙂

Tahun baru Hijriyah telah datang, memang bukan berarti apa-apa.. namun merupakan pertanda waktu terus berjalan. Lalu bagaimana dengan kita?

Peredaran waktu merupakan sunatullah yang telah ada, kita sebagai manusia patut terus bermuhasabah diri tentang kualitas hidup, ibadah dan manfaat.

Tahukan pula, bahwa pada malam ini kita umat muslim mengulang potongan sejarah perjuangan Rasulullah dan para sahabat semasa dulu? Malam ini kita mengulang peristiwa Hijrahnya Rasul dan sahabat dari Makkah ke Madinah, dengan jarak yang tak dekat.

Awal mula penanggalan Hijriyah berawal dari inisiatif khalifah Umar bin Khattab bersama para sahabat menyusun penanggalan tahun sebagai pedoman bagi umat Islam. Sistem kalender Hijriyah berpedoman kepada peredaran bulan mengelilingi bumi, maka dihitung saat terlihatnya bulan. Nama “Hijriyah” diambil dari peristiwa Hijrah Rasulullah semasa kenabian.

Umar ra menetapkan penanggalan kalender Hijriyah karena suatu peristiwa. Diriwayatkan dari Maimun bin mahran ra, suatu hari Umar ra mendapat surat penting. Surat tsb dari seorang sahabat, dan hanya tertera bulan “Sya’ban”. Namun para sahabat bingung, “Bulan sya’ban yang mana yang dimaksud?” Maka Umar ra mengumpulkan sahabat dan merumuskan penanggalan Hijriyah.

Jadi sebenarnya dahulu masyarakat Arab sudah lama memakai nama Muharram, Rabiul Awal, dll. Namun para sahabat belum menggunakan perhitungan tahun, maka tepatnya hari atau tanggal belum ditentukan.

Khalifah UMar ra menetapkan tahun Hijriyah pada tanggal 8 Rabiul Awal tahun ke-17 Hijriyah (638). Adapun penetapan bulan Maharam sebagai awal tahun Hijriyah, karena pada bula itulah Rasulullah saw bertekad untuk hijrah ke Yatsrib (Madinah).

Lalu mengapa bulan ini disebut Muharram? Karena pada bulan ini diharamkan berperang atau menumpahkan darah. Tertulis pada QS. 9:36. Peristiwa Hijrah Rasulullah sendiri ada pada firman Allah Al-Anfal: 72-75. Inilah penjelasan paling lengkap tentang peristiwa Hijrah.

Bulan Muharram juga dikenal dengan sebutan ‘asyuro (hari kesepuluh), namun ternyata ini adalah warisan budaya Yahudi yang berpuasa hanya di tanggal 10 Muharram. Orang-orang Yahudi hanya berpuasa hari ke-10 muharram karena meyakini hari itu adalah hari keselamatan Bani Israil zaman Nabi Musa dari kejaran Fir’aun.

Ibnu Abbas mengisahkan dalam sebuah hadist: “Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam tiba di Madinah, lalu beliau melihat orang-orang Yahudi berpuasa pada hari Asyura’ ( tanggal 10 Muharram), maka beliau bertanya: “Hari apakah ini?” Mereka menjawab: “Ini adalah hari yang baik. Ini adalah hari dimana Allah menyelamatkan Bani Israil dari musuhnya, ..” maka Musa shallallahu ‘alaihi wasallam berpuasa pada hari itu karena syukur kepada Allah. Dan kami berpuasa pada hari itu untuk mengagungkannya.” Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda: “Aku lebih berhak atas Musa daripada kalian”, maka Nabi berpuasa Asyura’ dan memerintah-kan puasanya.” (HR. Al-Bukhari dan Muslim).

Akhirnya Rasul memutus tradisi ‘asyuro versi yahudi dan menggantinya dengan puasa pada 9, 10, 11 Muharram untuk menyelisihi kam Yahudi. Ini merupakan ketegasan sikap Rasulullah untuk berbeda dengan kaum yahudi dan bani israil.

Maka sebagai muslim, mari sikapi tahun baru 1 Muharram ini dengan perbaikan individu, izzah sebagai muslim serta muhasabah diri. Semoga Allah memberi kebaikan pada umat Islam di tahun ini, serta keberkahan pada usaha umat Islam dalam kebaikan. Wassalam🙂

 

best regards,

sangterasing

 

image source: http://www.owhsomuslim.com/osm/wp-content/uploads/2010/12/02-Muharram.jpg

2 thoughts on “1 Muharram 1435 H – Bulan Hijrah

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s