Pernah denger? Pasti deh kayaknya, pernah ‘booming’ pas jamannya artis kecelakaan dan ternyata akibatnya ya microsleep ini. Sederhananya microsleep itu tidur yang hanya berlangsung seper-sekian detik, para ahli menyebutkan kisaran antara 10-30 detik. Tanda-tanda seseorang kena microsleep itu biasanya kepala terantuk, atau melek (bangun) terkaget dengan tiba-tiba.

Ini jadi berbahaya kalau kejadiannya saat-saat dimana kita harus ‘full awareness’ terhadap kegiatan kita, misalnya nyetir mobil atau motor. Keadaan yang kayak gitu itu akibat dari sleep deprivation, mental fatigue, depression, sleep apnea, hypoxia, narcolepsy, atau hypersomnia. (lengkap disini)

Buat saya yg suka kesunyian dan alhasil sering begadang (alesan aje), kadang di motor sering nguantuk banget dan gak berasa sempet ‘microsleep’ beberapa kali. Paling ngeri pas lewat jalan (belakang) tembusan menuju Cilandak Mall, jalannya naik-turun kayak lereng berasa di puncak. Waktu mulai nanjak belokan, saya tetiba merem, dan waktu melek udah ngambil jalur berlawanan yang didepan pas mobil Avanza hitam (kalo gak salah). Alhamdulillah masih sempet banting stir kembali ke jalur yg bener. (kembali ke jalan yg benar)

Kadang kalo udah gak kuat minggir sebentar buat merem barang setengah menit, saya jamin langsung seger lagi. Daripada maksa ntar bahaya.

Beberapa tips yg mungkin akan berguna bagi anda yang suka berkendara dalam waktu lama.

Ambillah waktu untuk istirahat setelah berkendara selama 3 atau 4 jam. Mungkin daya tahan orang berbeda-beda, ada yang sanggup hingga 6-7 jam. Oleh karena itu, 3 atau 4 jam itu untuk paling minim.

Jika berkendara jauh, usahakan jangan sendirian. Akan lebih bermanfaat jika teman perjalanan anda enak diajak ngobrol, dan dapat memperhatikan keadaan anda. Jadi bisa sebagai ‘alarm’ jika anda mulai terlihat kelelahan.

Jangan biarkan pikiran kosong saat berkendara. Bernyanyilah jika anda berkendara sendirian. Mungkin sedikit berteriak tidak akan masalah, tapi jangan lupa pake helm full face atau pake masker kalo pake half face. Kalo di mobil lebih enak tinggal tutup kaca.

Berdoalah sebelum berkendara, karena hidup ini milik Allah jadi minta ke Allah agar dalam perjalanan kita dalam penjagaan-Nya.

Buat temen-temen yang concern sama safety riding, bisa join komunitas RSA Indonesia om Lucky. Buat yang concern sama akibat asap rokok, bisa follow http://twitter.com/rehab_rokok (yg ini promo colongan :P)

*Stay Safe Riding🙂

1920141_10204646873072760_6499504805578794400_n

2 thoughts on “Tidur Mikro (micro-sleep)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s