Beberapa hari lalu saya dan istri makan disebuah restaurant mur-mer yang menyediakan makanan dari ‘american food’ hingga ‘indonesian food’. Tempatnya cukup strategis, yaitu disebelah Kampus dan jalan alternatif yang cuku ramai. Terlebih lagi ‘price’ yang sangat terjangkau membuat restoran itu seringkali ramai.

Ya, seperti kebanyakan konsep restoran sekarang ini, banyak restoran yang mengunggulkan ‘low price’ tapi ‘high quality’, karena konsumen sudah cerdas dan bisa membandingkan brand satu dengan lainnya. Entah strategi sang pengusaha seperti apa, tapi seharusnya strategi itu tak mengorbankan kepuasan konsumen saat mengalaminya.

Seperti yang saya alami saat itu, ditengah makan, tiba-tiba saya melihat ada tikus yang cukup besar (sebesar anak kucing) berkeliaran. Wah, kenyamanan makan saat itu buyar.. tapi mau bagaimana lagi, toh price disini low semua alias murah-meriah. Ditambah dengan reaksi pengunjung lain yang sama-sama melihat tapi biasa saja, kepasrahan saya bertambah.

Mungkin memang banyak dari kita yang seringkali ‘menoleransi kekurangan’, baik itu sebagai pelanggan, customer atau elemen masyarakat sekalipun. Padahal tak jarang sebuah restoran atau jasa berkata, “Ditunggu kritik & sarannya ya…”

Kata itu bukan sekedar kata, ibarat kuda ‘kritik & saran’ ialah pecut agar kuda bisa terus berlari, bensin agar mesin bisa berjalan, yaitu motivasi agar pelayanan bisa terus maju bersaing dengan yang lain.

Kini, MEA 2015 sudah didepan mata. Kita tidak bisa lagi berdiam diri dengan minimnya kualitas service atau produk dalam negri (UKM atau Big Player), karena usaha-usaha yang telah berkualitas international sudah akan masuk ke Indonesia menggerus pemain lokal yang dulu raja maupun bukan. Terlebih lagi sebagai masyarakat sosial, kita perlu kritik & saran antar sesama. Agar kualitas bermasyarakat & bernegara kita bisa makin naik ke taraf yang selanjutnya.

Ingat ya, kritik harus juga disertai dengan saran. Jangan hanya kritik tapi saat ditanya saran atau solusi, mingkem..

best regards,
sangterasing

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s