Kadang sebagai ayah kualitas waktu kita bersama anak kurang dibanding dengan kegiatan lainnya. Walau ada sanggahan yang sering kita ungkapkan, “Kualitas kebersamaan lebih penting daripada kuantitas”.

Memang pada realitanya begitu. Beberapa orang tua memberikan banyak waktu untuk anaknya, namun sebenarnya kualitasnya tak ada.

Mereka bersama dalam ruang keluarga, mata mereka menatap layar TV yang sama atau sibuk dengan pikirannya masing-masing. Mereka berdempetan satu sama lain, tapi tak ada komunikasi jiwa. Seperti penumpang bis yang berdempetan, namun saling tak kenal.

Sebabnya mereka hanya punya kedekatan fisik (physical closeness), bukan emosi (attachment). Padahal kedekatan emosi yg aman (secure attachment) antar anak & ortu, sangat berpengaruh terhadap penerimaan diri, harga diri & percaya diri anak.

Anak-anak yang percaya dirinya rendah cenderung kurang mampu belajar dengan baik. Mungkin ia bisa ber-IQ tinggi, tapi kurang sense of competence. Alhasil anak-anak ini takkan bisa mengetahui kompetensinya. Dahsyat ya pengaruh kualitas komunikasi orang tua dengan anak.

Maka, selain membangun kecerdasan otak, para Ayah harus mampu memberikan kedekatan emosi yang hangat.

Mereka bahagia berdekatan dgn kt bukan karna UANG yang diberikan, tp karna LUANG-nya waktu kita bersamanya. Mereka rindu sang Ayah bukan menunggu oleh2 yg akan dibawakannya. Tapi rindu nasehat Ayah yang bersahabat.

Yuk jadi ayah yg waktunya berkualitas untuk anak & keluarga, sehingga mereka bisa bertumbuh & berkembang menjadi pribadi yang luar biasa🙂

best regards,

sangterasing

** disadur dari buku Ust. Moh Fauzil Adhim: Saat Berharga untuk Anak Kita

image source: 1, 2

2 thoughts on “Saat Berharga untuk Anak Kita – Kualitas Hubungan

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s