Jadi beberapa waktu lalu saya—ngikut—jalan-jalan bareng keluara istri ke Bandung, agak random sebenernya, yang awalnya mau deket-deket aja ke Taman Safari, atau Ragunan, atau Kubah Emas (lhaa, itumah setempongan) akhirnya jadi ke Bandung yang memang jadi plan awal sebelum lebaran. Btw jagan ditiru ya, ini parah bukannya bersedih mau ditinggal Ramadhan emalah udah planning mau lebaran kemana (heuuu… 😥 ).

Tapi mau bagaimana, kebiasaan masyarakat Indonesia begitu sih kalau mau deket lebaran. Emang mainstream, tapi gak bisa dilawan walau saya orangnya suka (klaim sebagai orang yang) anti-mainstream.

Kahirnya (maksudnya akhirnya) melesatlah sekeluarga istri, saya dan anak ke Bandung, merasakan a taste of mudik walau hanya 120 km saja dari tempat tidur sebelumnya. Sepanjang perjalanan awalnya rame, pada ngobrol satu sama lain, planing mau kemana nanti. Tapi selang sejam kemudian udah tidur semua, saya yang anti-mainstream jelas lah gak tidur, gak mau ikut arus yang makin merebak di mobil itu, untung yang nyupir ikutan anti-mainstream juga jadi gak tidur.

Posisi orang-orang di mobil yang pada senderan, termasuk saya yang kena senderan, ditambah baby Haifan yang tidur dipangkuan, menyebabkan sedikit kebosanan membuat saya browsing-browsing pake smartphone, liat berita viral luar negeri. Darisana saya ketemu info bahwa B.E.P is B.A.C.K! I mean Originally!

Black Eyed Peas (Minus Fergie) Kick It Old School in ‘Yesterday’

Itu beritanya, awalnya saya pikir Fergie bener-bener udah out! Tapi ternyata cuman tidak diikutsertakan di video Tribute to 20th BEP anniversary, terbukti di Album cover terbarunya Fergie masih ada.

Will.i.am, apl.de.ap dan Taboo di video ini kembali ke format awal di tahun 1999, sebelum ergie masuk kedalam grup ditahun 2002. Menampilkan beat yang kembali Hip-Hop, jauh dari beat B.E.P sekarang yang lebih techno.

Mereka bertiga merekam videonya disebuah toko kaset vinyl, dengan mengangkat beberapa piringan hitam grup-grup Hip-Hop masa lalu yang jadi inspirasi B.E.P diawal karir musiknya. Bahkan mereka membuat seolah-olah mereka ada di dalam cover para “Legenda” Hip-Hop masa lalu tersebut. Bagi saya ini keren sekali, karena lama muak dengan tembang (Bah, lawas sekali!) B.E.P yang makin nge-disco akhirnya bisa dapet beat lama Hip-Hop mereka di “Yesterday”.

 

BEP

Tapi namanya grup sudah melanglangbuana, pasti ada Pro & Kontra. Salah satu yang kontra adalah berita ini:

Black Eyed Peas Commit Hip-Hop Blasphemy with Their Video for “Yesterday”

Saya gak terlalu ngikutin jaman-jaman Hip-Hop dulu kala, karena jaman itu saya terpaut dengan nada-nada SO7, GiGi, Nugie dan Iwa K (Biar dibilang anak 90’s). Tapi buat kamu yang ngikutin banget, gimana pendapatmu soal gebrakan B.E.P ini setelah vakum ngeluarin single selama 5 tahun?🙂

Berikut videonya:

best regards,

sangterasing

image source: 1

Leave a Reply

