Setiap individu pasti sering mengalami pergulatan hebat dalam dirinya dikala dituntut untuk menentukan suatu pilihan. Pilihan yang berpengaruh kepada dirinya sendiri maupun orang banyak.

Yang kurang dipahami orang adalah tiap keputusan yang mereka ambil mempunyai resikonya masing-masing, seperti buah dengan rasanya yang khas satu sama lain. Sehingga tidak jarang seseorang berkeputusan untuk tidak membuat suatu pilihan, padahal tidak memilih merupakan sebuah pilihan juga yang mempunyai resikonya sendiri. (baca sini)

Bagaimana pilihan yang kita ambil menentukan kematangan kita dalam bertindak. Beberapa orang hanya mengandalkan perasaannya saja dalam mengambil keputusan tanpa menghadirkan sisi logika, padahal kedua elemen tersebut sepatutnya dijadikan modal untuk menghasilkan sebuah pilihan. “Namun perasaan kan berasal dari hati, dan yang berasal dari hati banyaknya benar?”, ya betul… namun bukankah Allah berfirman: “.. Allah tidak akan merubah nasib suatu kaum, jika kaum tersebut tidak berusaha ‘tuk mengubahnya.”, dari penggalan ayat tersebut, berarti kita harus menghadirkan sisi realitas di dalam hidup kita. Bukan hanya pengharapan dan kepasrahan buta tanpa berusaha, kurang lebih seperti itu yang saya tangkap di dalam ayat tersebut. Sehingga diperlukanlah sebuah elemen logika, elemen realitas untuk menghasilkan sebuah pilihan yang bijak untuk semua, yang tentunya atas izin Yang Maha Kuasa.

Maka berpikirlah dua kali, atau bahkan beribu-ribu kali untuk tidak membuat pilihan. Karena dengan membuat pilihan, berarti kita mengizinkan diri kita untuk maju kedepan, step forward dalam menjalani hidup. Sedangkan abstain dalam sebuah pilihan, sama saja kita diam tidak bergerak.

Dan bukankah DIAM itu sama saja dengan MATI ???

best regards,

sangterasing

image source: 1, 2

2 thoughts on “Seperti Buah dengan Rasanya Masing-masing

  1. Setiap orang pasti akan berpikir berulang kalau dihadapkan pada sebuah pilihan. Karena setiap orang pasti akan memutar otaknya untuk memikirkannya. Dan mungkin pada ujungnya akan diam karena rasa bingung yang timbul.
    Pada intinya sebuah pilihan adalah sebuah tindakan yang sangat sulit untuk dilakukan. mengingat setiap manusia hanyalah dapat menebak-nebak.

    Like

    1. Pertama kita mengambil keputusan pasti sangatlah sulit, namun ketika kita telah terbiasa mengambil keputusan dan tau konsekuensinya… selanjutnya kita akan terbiasa mengambil keputusan…

      Tapi usahakan mengambil suatu keputusan dan berani mengambil resikonya..
      trim’s udah mampir.
      ^_^

      Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s